Sabtu, 03 Januari 2015

Batra: Teknologi Dakwah

1.       Robot Pendakwah
Berdakwah disampaikan oleh da’i secara langsung atau rekaman itu sudah biasa. Namun, disampaikan oleh robot adalah hal yang sangat luar biasa. Meski didalam robot tersebut sama kerja penyampaiannya seperti rekaman namun hal ini akan menjadi daya antusias tersendiri oleh umat muslim.
Cara kerja robot ini seperti miniatur ustadz saat sedang menyampaikan kajian di tempat-tempat kajian pada umumnya. Robot ini semacam computer yang didalamnya terdapat rekaman-rekaman kajian. Saat dinyalakan dan disetel kajian yang diinginkan, robot ini akan bergerak dengan gerakan-gerakan badan sesuai materi kajian yang disampaikan. Sehingga dari hal ini bisa menarik antusias masyarakat dalam menambah wawasan keislaman dengan cara yang lebih unik.

2.       Alat Rekaman Dakwah
Alat ini dirancang secara khusus untuk penerapan strategi dakwah melalui suatu rekaman yang didalamnya terdapat materi-materi tentang Islam. Dalam materike-islaman itu sendiri, didalamnya terdapat tema-tema khusus yang membahas tentang Islam itu sendiri. Rekaman dakwah ini menggunakan aplikasi khusus yang telah dirancang sebelumnya.
Cara menggunakan alat ini, kita tinggal memilih kode yang telah diterapkan sesuai tema itu sendiri. Misalnya kode “A”, digunakan untuk tema “Implementasi Dakwah Sosial Dalam Masyarakat”, sehingga memudahkan kita mencari apa yang diinginkan. Dengan adanya alat ini, setiap individu dapat menikmati aplikasi rekaman dakwah dengan praktis.

3.       Pensil atau bolpen berdakwah
Pensil atau bolpen ini dibuat dengan teknologi canggih yang dibuat dengan listrik dan kabel-kabel. Alat ini bisa dicas dan juga bisa dikasih baterai. Alat ini dibuat untuk membaca Al Quran dan membaca huruf hijaiyah. Dan alat ini sangat bisa membantu dalam membaca dan memperlancar bacaan Quran.

4.       Al Quran Elektronik
Al Quran ini dirancang dalam bentuk mobile atau gadget. Alat ini tidak perlu disentuh, melainkan mengucapkan surah apa yang ingin kamu baca. Nanti akan muncul surat yang diminta. Termasuk alat ini akan bisa mengoreksi bacaan si pembaca jika dalam membacanya salah atau kurang tepat.

5.       Kacamata Quran
Kacamata ini bisa menampilkan bacaan / tulisan Quran dengan bantuan sensor cahaya. Dimana cara kerjanya, dibagian kanan dan kiri sebelah engsel ada tombol. Tombol tersebut bagian kiri berfungsi mengcopy berbagai tulisan yang terjangkau oleh kaca mata. Tombol bagian kanan berisi daftar tulisan yang disimpan dan daftar ayat-ayat Al Quran + terjemah secara lengkap. Maksudnya jika tombol itu ditekan akan muncul daftar-daftar tersebut dilayar kacamata.

*sekelumit cerita teknologi yang diimajinasikan adik2 batra. semoga entah suatu saat akan muncul teknologi seperti ini.

0 komentar:

Posting Komentar